Pabrik penyulingan menyangkal penghitungan keuntungan

 


Klub Industri Penyulingan Minyak, sebuah unit dari Federasi Industri Thailand, bersikeras bahwa margin kilang kotor (GRM) saat ini masuk akal, membantah tuduhan bahwa perusahaan minyak membebani pelanggan untuk minyak sulingan secara berlebihan.

GRM, perbedaan antara harga minyak mentah dan minyak sulingan, mengacu pada biaya yang ditambahkan ke harga minyak mentah selama proses penyulingan. Ini akhirnya menjadi bagian dari harga minyak eceran yang dibayar pengemudi di pompa bensin.

Pekan lalu, pemimpin Partai Kla Korn Chatikavanij mengajukan keraguan atas GRM yang tinggi dan meminta pemerintah untuk membatasi margin kilang dan mengenakan pajak rejeki nomplok pada kilang minyak untuk mengendalikan harga eceran minyak, yang terus meningkat di tengah konflik Rusia-Ukraina. perang.

Dia mengatakan margin kilang minyak meningkat 10 kali per liter, menjadi 8,5 baht pada 10 Juni, dibandingkan dengan 0,87 baht pada 10 Juni tahun lalu dan 0,88 baht pada 10 Juni 2020.

Klub mengatakan tuduhan bahwa perusahaan minyak menghasilkan keuntungan tinggi adalah kesalahpahaman.

"Peningkatan sepuluh kali lipat menjadi lebih dari delapan baht tidak akurat," menurut pernyataan dari klub pada hari Senin.

Rata-rata GRM meningkat hanya 0,47 baht per liter menjadi 1,19 baht per liter pada kuartal pertama tahun ini, naik dari rata-rata GRM 0,72 baht per liter selama 2018 dan 2019, kata klub.

Rata-rata margin kilang selama tahun-tahun pandemi 2020 hingga 2021 tetap sangat rendah. Jika mereka digunakan untuk membandingkan dengan GRM yang dihitung ketika infeksi melambat pada kuartal pertama tahun ini, orang akan disesatkan untuk berpikir GRM telah meningkat ke tingkat yang luar biasa tinggi, kata klub.

Minyak mentah diubah menjadi berbagai jenis minyak sulingan, termasuk solar, bensin, bahan bakar jet, gas minyak cair dan bahan bakar minyak. Beberapa tidak menguntungkan, menyebabkan perusahaan minyak datang dengan harga ex-kilang "rata-rata", berdasarkan harga referensi minyak sulingan di Singapura.

Menurut klub, berbagai biaya dikeluarkan selama proses penyulingan minyak, mulai dari biaya premium mentah hingga transportasi, biaya operasi, dan biaya asuransi.

Biaya premium minyak mentah ditambahkan ke harga minyak mentah oleh produsen, dengan alasan banyak faktor, termasuk ketidakamanan pasokan minyak selama perang.

Kilang minyak juga perlu mengalokasikan anggaran 50 miliar baht untuk meningkatkan teknologi produksi untuk membuat diesel yang memenuhi standar emisi lingkungan yang lebih tinggi dari Euro 5, menurut klub.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengapa mata uang kripto jatuh hari ini

Mengapa MVC Blockchain Untuk Web3

Bagaimana mata uang kripto diciptakan